Enterprise Resource Planning (ERP)

Berkaitan dengan judul dari post ini, saya akan mengulas paper yang berjudul "Assessing Benefits of Enterprise Resource Planning (ERP) Systems in Local Government". Paper dapat diunduh disini

Selama beberapa dekade terakhir, kota-kota besar di Afrika Selatan bergulat dengan performa buruk dari beberapa sistem informasi pemerintahan sehingga mereka beralih ke sistem ERP untuk meningkatkan efisiensi. Namun, tidak ada cukup bukti yang menunjukkan bagaimana masyarakat dan komunitas lokal memperoleh keuntungan dari investasi yang mahal tersebut, selain dari perbaikan dalam proses internal organisasi. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui manfaat ERP bagi masyarakat mingkat kotamadya di Afrika Selatan. 

Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan wawancara terhadap 15 orang secara mendalam yang diantaranya adalah beberapa manajer senior, serta spesialis IT dan akademisi. Selain dengan wawancara, terdapat juga data sekunder yang mendukung, antara lain situs, artikel, surat kabar, dan lain lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa walaupun ERP memiliki begitu banyak manfaat, tetapi manfaat-manfaat tersebut tidak secara otomatis diperluas ke semua pemangku kepentingan serta dibutuhkan untuk memberikan perhatian khusus dari perspektif perencanaan dan pengelolaan sistem terhadap manfaat yang dihasilkan.


Oleh karena itu, studi ini merekomendasikan untuk manajer yang mengawasi ERP harus meningkatkan kemampuan pengelolaan diri  seria memastikan bahwa manfaat tersebut diberikan kepada pemangku kepentingan yang ditargetkan, termasuk warga negara secara konsisten dan berkelanjutan. Hal ini dapat dilakukan melalui proses pengelolaan manfaat ERP yang efektif.

Comments

Popular posts from this blog

E-commerce

Knowledge Management in Service Industry