Knowledge Management in Service Industry

Berkaitan dengan judul dari post ini, saya akan mengulas paper yang berjudul "Knowledge Management Implementation in the Nigerian Hospitality Industry". Paper dapat diunduh disini

Sekarang ini, perkembangan praktik manajemen pengetahuan dan teknologi lainnya semakin pesat. Hal tersebut membuat banyak organisasi terdesak untuk mencari cara baru, gagasan, dan solusi kreatif dalam meningkatkan produk dan teknologi mereka. Sehingga studi ini ingin melakukan perubahan signifikan dari penerapan kerangka kerja manajemen pengetahuan dalam proses implementasi pada industri perhotelan Nigeria.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki peran penggunaan manajemen pengetahuan dalam meningkatkan inovasi pada industri perhotelan di Nigeria.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner yang didistribusikan kepada 240 responden dari anggota staf industry perhotelan Nigeria. Hasil kuisioner dianalisis dengan menggunakan alat statistik SPSS dengan pengukuran menggunakan skala likert dari 1 sampai 5.

Hasil kuisioner menunjukkan bahwa sebagian besar responden tidak yakin dimana manajemen pengetahuan diimplementasikan pada industri perhotelan Nigeria. Namun, hasil yang kurang baik tersebut dapat diatasi dengan berhasil menerapkan kesadaran akan praktik manajemen pengetahuan dimaan kesadaran tersebut diciptakan melalui pelatihan dan pembelajaran.


Kesimpulan dari studi ini adalah manajer berusaha memperbaiki kinerja stafnya dengan menyediakan program pelatihan yang memadai terkait pengetahuan tentang teknologi. Selain itu juga, manajer harus menyiapkan karyawannya agar mampu mengintegrasikan berbagai sumber dan jenis pengetahuan dari mitra bisnis lain. Dengan adanya peningkatan efektivitas manajemen pengetahuan melalui pelatihan yang memadai, kinerja suatu organisasi dapat ditingkatkan.

Comments

Popular posts from this blog

Enterprise Resource Planning (ERP)

E-commerce