E-commerce

Berkaitan dengan judul dari post ini, saya akan mengulas paper yang berjudul "Consumer Acceptance of Apparel E-commerce–Ethiopia". Paper dapat diunduh disini

Selama beberapa tahun terakhir telah terjadi peningkatan e-commerce di Ethiopia. Hal tersebut disebabkan karena konsumen lebih tertarik dengan belanja online karena kefleksibilitasannya dalam hal waktu, harca, dan variasi produr yang terdapat pada satu platform (Ferri, Grifoni, & Guzzo, 2008). Namun, keamanan, masalah privasi, dan kurangnya infrastruktur e-commerce merupakan penghalang utama bagi para konsumen untuk berbelanja online (Windham & Orton, 2000)Berdasarkan maalah tersebut, penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut:
  • Mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang penerimaan konsumen dalam e-commerce pakaian di Ethiopia
  • Mengetahui faktor-faktor penning untuk membangun penerimaan konsumen dalam e-commerce pakaian
  • Menyelidiki pentingnya beberapa faktor terkait dengan penerimaan konsumen atas belanja online
Metode pengumpulan data untuk penelitian ini ada 2, yaitu data primer dan data sekunder. Sumber data sekunder meliputi buku, publikasi, artikel, dan internet. Sedangkan untuk data primer dilakukan survey online berupa kuisioner. Kuisioner ini bertujuan untuk mendapatkan feedback dari para konsumen di Ethiopia. Total responden dari penelitian ini adalah 127 orang di Ethiopia dimana kuisioner tersebut terdiri dari 10 pertanyaan latar belakang serta pendapat responden mengenai faktor penting untuk meningkatkan e-commerce di Ethiopia.

Hasil dari kuisioner online tersebut mengungkap beberapa fakta menarik terkait dengan responden dan sifat dari e-commerce pakaian yang ada. Studi ini menunjukkan bah Ethiopia tidal memiliki platform e-commerce sorta TIK yang signnifikan dan efektif. Interaksi fisik saat berbelenja tidak ditemukan oleh konsumen saat berbelanja online dimana hal tersebut mempengaruhi peningkatan konsumen untuk berbelanja pada e-commerce.

Untuk meningkatkan keinginan konsumen dalam berbelanja melalui e-commerce dapat dilakukan beberapa cara berikut:


  1. Memberikan informasi mengenai ukuran pakaian yang sesuai dengan produk pada halaman website
  2. Menambahkan rating pelanggan dan ulasan ke halaman website
  3. Menawarkan pengembalian gratis apabila barang tidak sesuai dengan yang seharusnya



Comments

Popular posts from this blog

Enterprise Resource Planning (ERP)

Knowledge Management in Service Industry