E-commerce
Berkaitan
dengan judul dari post ini, saya akan mengulas paper yang berjudul "Consumer
Acceptance of Apparel E-commerce–Ethiopia". Paper dapat diunduh disini
Selama beberapa tahun terakhir telah terjadi peningkatan e-commerce di Ethiopia. Hal tersebut disebabkan karena konsumen lebih tertarik dengan belanja online karena kefleksibilitasannya dalam hal waktu, harca, dan variasi produr yang terdapat pada satu platform (Ferri, Grifoni, & Guzzo, 2008). Namun, keamanan, masalah privasi, dan kurangnya infrastruktur e-commerce merupakan penghalang utama bagi para konsumen untuk berbelanja online (Windham & Orton, 2000). Berdasarkan maalah tersebut, penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut:
- Mendapatkan
pemahaman yang lebih baik tentang penerimaan konsumen dalam e-commerce pakaian
di Ethiopia
- Mengetahui
faktor-faktor penning untuk membangun penerimaan konsumen dalam e-commerce pakaian
- Menyelidiki
pentingnya beberapa faktor terkait dengan penerimaan konsumen atas
belanja online
Metode
pengumpulan data untuk penelitian ini ada 2, yaitu data primer dan data
sekunder. Sumber data sekunder meliputi buku, publikasi, artikel, dan
internet. Sedangkan untuk data primer dilakukan survey online berupa kuisioner.
Kuisioner ini bertujuan untuk mendapatkan feedback dari para
konsumen di Ethiopia. Total responden dari penelitian ini adalah 127 orang di
Ethiopia dimana kuisioner tersebut terdiri dari 10 pertanyaan latar
belakang serta pendapat responden mengenai faktor penting untuk
meningkatkan e-commerce di Ethiopia.
Hasil dari
kuisioner online tersebut mengungkap beberapa fakta menarik terkait dengan
responden dan sifat dari e-commerce pakaian yang ada.
Studi ini menunjukkan bah Ethiopia tidal memiliki platform e-commerce sorta
TIK yang signnifikan dan efektif. Interaksi fisik saat berbelenja tidak
ditemukan oleh konsumen saat berbelanja online dimana hal
tersebut mempengaruhi peningkatan konsumen untuk berbelanja pada e-commerce.
Untuk
meningkatkan keinginan konsumen dalam berbelanja melalui e-commerce dapat
dilakukan beberapa cara berikut:
- Memberikan
informasi mengenai ukuran pakaian yang sesuai dengan produk pada
halaman website
- Menambahkan rating pelanggan
dan ulasan ke halaman website
- Menawarkan
pengembalian gratis apabila barang tidak sesuai dengan yang seharusnya
Comments
Post a Comment