Information System Competitiveness

Berkaitan dengan judul dari post ini, saya akan mengulas paper yang berjudul "The Impacts of Complementary Information Technology Resources on the Service-profit Chain and Competitive Performance of South African Hospitality Firms". Paper dapat diunduh disini

Studi dari paper ini mengacu pada pandangan  sumber daya perusahaan dengan menggunakan pendekatan service-profit chain untuk mengembangkan serta menguji dampak dari sistem pelengkap sumber daya teknologi informasi terhadap hasil dari pelayanan terhadap pelanggan dan karyawan sehingga menghasilkan kinerja yang kompetitif pada perhotelan di Afrika Selatan. Masalah tersebut diangkat karena perhotelan tengah menjadi industri yang banyak diminati oleh pasar.

Sumber daya teknologi informasi sangat berharga karena membantu karyawan mengatasi situasi layanan yang kompleks, dengan menyesuaikan layanan yang ditawarkan, dan merespons permintaan layanan dengan cepat (Bitner dkk, 2000; Rust dan Miu, 2006). Sistem pelengkapnya juga memungkinkan organisasi untuk menyampaikan informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan kinerja dari suatu perusahaan (Bhatt dan Grover, 2005; Ravidchandran dan Lertwongsatien, 2005).

Model penelitian ini diuji untuk melihat dampak dari sistem pelengkap sumber daya teknologi informasi terhadap hasil customer service dan karyawan sehingga menghasilkan kinerja yang kompetitif. Untuk menguji model tersebut terdapat beberapa hipotesis yang dibuat serta faktor tambahan yang dapat dikontrol.


Penelitian ini menggunakan kuisioner terstruktur untuk mengumpulkan data dari 112 perusahaan perhotelan yang beroperasi di Afrika Selatan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bah sistem pelengkap dari sumber daya teknologi informasi memiliki pengaruh langsung yang signifikant terhadap kinerja kompetitif sementara pengaruhnya hasil customer service bergantung sepenuhnya terhadap kinerja karyawan.

Comments

Popular posts from this blog

Enterprise Resource Planning (ERP)

E-commerce

Knowledge Management in Service Industry